Penyebab Panel Surya Rusak Lebih Cepat 

Sonus.id – Penyebab panel surya rusak lebih cepat ada beberapa faktor. Memang benar, kita dapat menggunakan panel surya untuk jangka panjang. Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ketahanan dari panel surya yang kita gunakan. 

Faktor yang dapat mempengaruhi cepat lambatnya panel surya rusak, diantaranya yaitu kotoran, hujan lebat, sinar ultraviolet yang dapat membuat lapisan panel surya terkikis secara perlahan. Oleh sebab itu, perlunya untuk selalu memperhatikan keadaan panel surya yang telah terpasang. 

Hal yang Dapat Menyebabkan Panel Surya Rusak

Hal yang sering terjadi biasanya adalah retakan dan degradasi. Untuk retakan sendiri, biasanya terbentuk pada lembaran panel surya bagian belakang dalam garis yang lurus, pada sepanjang celah antara sel surya yang ada. 

Selanjutnya, degradasi sendiri terjadi karena asam asetat. Asam asetat sendiri bisa terbentuk saat sinar matahari mengenai lapisan atas yang kenyal, bisa melewati sel surya menuju lembaran bagian belakang, dan dapat menyebabkan pembusukan dari dalam. 

Retak Prematur 

Salah satu retakan yang terjadi yaitu retakan prematur. Pada umumnya, retakan ini bisa terjadi karena meluasnya penggunaan plastik tertentu, contohnya seperti poliamida. Namun, dalam hal ini untuk alasan penyebab terjadinya degradasi belum dapat dipastikan. 

Para peneliti dari Institut Nasional Standar dan Teknologi atau NIST melakukan pemeriksaan ke lembaran bagian belakang berbasis poliamida yang mengalami keretakan. Peneliti tersebut telah menemukan bagaimana proses interaksi antara plastik ini, faktor lingkungan serta arsitektur panel surya bisa mempercepat sebuah degradasi. 

Hal ini bisa membantu para peneliti dalam mengembangkan tes daya tahan yang lebih bagus dan lebih akurat agar panel surya dapat bertahan lebih lama. Biasanya, retakan pertama yang terjadi terdapat di dekat fitur tertentu, contohnya seperti ruang berbentuk kotak yang ada di antara sel surya biru atau hitam. 

Dengan ini, retakan yang terjadi akhirnya dapat menembus lembaran. Kondisi seperti ini dapat membiarkan oksigen serta kelembaban yang dapat merusak interior. Pada interior ini terdapat sel – sel berada dan membiarkan arus listrik keluar, selain itu dapat meningkatkan terkenanya sengatan listrik. 

Ketika Anda membiarkan keretakan yang terjadi ini cukup lama, maka lembaran panel surya bagian belakang yang berbahan dasar plastik ini akan mulai berantakan. 

Jasa Pemasangan Panel Surya Terbaik

Untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada panel surya, perlunya untuk merawat panel surya yang Anda miliki. Sonus.id mempunyai berbagai macam jasa seputar PLTS, mulai dar jasa perizinan, jasa maintenance, jasa pemasangan, dan masih banyak jasa lainnya. 

Terlebih lagi, Sonus.id menawarkan harga jasa yang terjangkau dan terdapat panel surya yang sedang diskon. Panel surya Lesso dari Sonus.id harganya cuma 2 jutaan aja. Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai pemasangan panel surya, Anda bisa kunjungi website Sonus.id atau hubungi nomor 08218000575

Langganan Email Kami

untuk Berita & Pembaruan Terbaru

    Hak Cipta © 2024 PT Tripower Solar Nusantara - Dikembangkan oleh NoA Method

    Shopping cart

    0
    image/svg+xml

    No products in the cart.

    Continue Shopping