Mengapa Panel Surya Berwarna Biru ?

Sonus – Alasan panel surya berwarna biru. Pada umumnya, panel surya berwarna biru, namun ada beberapa panel surya yang berwarna hitam. Perbedaan warna yang terjadi pada panel surya ini berasal dari sebuah interaksi cahaya dengan dua jenis panel surya, yaitu polikristalin dan monokristalin. 

Kali ini, kami akan membahas penyebab mengapa panel surya ini berwarna biru. Yuk simak artikel ini sampai selesai ya. 

Panel Surya Biru dan Panel Surya Hitam 

Salah satu penyebab panel surya berwarna biru adalah karena jenis silikon (polikristalin) yang dipakai untuk panel surya tertentu. Warna biru yang ada ini disebabkan oleh lapisan anti-reflektif yang dapat membantu untuk meningkatkan efisiensi serta kapasitas penyerapan panel surya. 

Untuk tingkat efisiensinya, lebih bagus panel surya hitam (monokristalin). Hal ini dikarenakan panel surya dengan permukaan yang berwarna hitam ini lebih mudah dalam penyerapan cahaya secara alami. 

Panel Surya Polikristalin

Panel surya polikristalin merupakan panel surya yang mempunyai rona warna biru. Silikon yang dipakai pada sel surya polikristalin ini terbuat dari silikon mentah yang sudah dicairkan serta dituangkan ke dalam sebuah cetakan yang mempunyai bentuk persegi. 

Dalam proses pembuatan sel polikristalin menghasilkan lebih sedikit limbah serta untuk penggunaan energinya juga terbilang sedikit, jika dibandingkan dengan pembuatan sel monokristalin. 

Dengan begini, maka panel surya polikristaling mempunyai harga yang lebih murah dan mempunyai lebih banyak pengguna. Panel surya polikristalin mempunyai harga yang lebih murah, sehingga menyebabkan 90% panel surya yang ada di pasaran saat ini yaitu polikristalin. Oleh sebab itu, kebanyakan panel surya yang beredar mempunyai warna biru. 

Panel Surya Monokristalin 

Panel surya monokristalin merupakan panel surya yang mempunyai rona warna hitam. Silikon yang digunakan mempunyai tingkat kemurnian yang tinggi. 

Penyebab panel surya monokristalin tampak memiliki warna hitam adalah interaksi cahaya dengan lapisan silikon monokristalin. Dalam pembuatan panel surya ini, bisa dikatakan memerlukan banyak energi serta dapat menghasilkan sejumlah silikon yang terbuang. 

Website Membeli Panel Surya 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan panel surya, pastikan Anda membeli panel surya melalui website Sonus.id. Pada website tersebut, terdapat panel surya seharga 2 jutaan yaitu panel surya Lesso. 

Namun, jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai panel surya atau pemasangan PLTS, Anda bisa menghubungi kami melalui nomor 08218000575

Langganan Email Kami

untuk Berita & Pembaruan Terbaru

    Hak Cipta © 2024 PT Tripower Solar Nusantara - Dikembangkan oleh NoA Method

    Shopping cart

    0
    image/svg+xml

    No products in the cart.

    Continue Shopping