4 Cara Untuk Membersihkan Panel Surya 

Sonus.id – Panel surya yang Anda punya harus tetap dirawat. Salah satu caranya adalah dengan membersihkannya secara teratur. Hal itu dikarenakan agar panel surya yang Anda gunakan bisa tetap bekerja dengan optimal serta dapat memperpanjang umur penggunaan panel surya. 

Namun, perlu kita ketahui bahwa membersihkan panel surya bukanlah tugas yang mudah. Tentunya dalam pembersihannya memerlukan tenaga yang ahli dibidangnya. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan panel surya. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara apa saja yang bisa dilakukan untuk membersihkan panel surya. 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membersihkan Panel Surya 

Ada beberapa cara untuk membersihkan panel surya. Namun, sebelum membersihkan panel surya, pastikan Anda memperhatikan 3 hal berikut ini : 

1. Bersihkanlah panel surya menggunakan air bersih dan juga lap

2. Pastikan panel surya yang Anda bersihkan dalam keadaan mati dan tidak terkena cahaya matahari langsung pada saat melakukan pembersihan. 

3. Jangan pakai sabun atau bahan kimia untuk membersihkan panel surya. 

Setelah memperhatikan ketiga hal tersebut. Selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai beberapa cara yang dilakukan untuk membersihkan panel surya. 

Cara Membersihkan Panel Surya 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan panel surya yang Anda punya. Berikut cara yang bisa dilakukan : 

1. Bersihkan Kotoran dan Noda yang Lebih Keras 

Jika pada panel surya Anda terdapat noda yang susah untuk dibersihkan, untuk membersihkannya Anda dapat memakai sikat lembut dan sabun ringan. Namun, Anda perlu memastikan bahwa sabun yang digunakan itu tidak mengandung bahan kimia yang bisa merusak panel surya. 

Berikut ini kami berikan tips untuk membersihkan noda yang sulit dibersihkan : 

– Pertama, Anda perlu membasahi panel surya menggunakan air bersih

– Kedua, Anda bisa mencampurkan sabun ringan dengan air bersih

– Ketiga, Anda bisa menggunakan sikat lembut untuk membersihkan kotoran atau noda yang sulit dibersihkan.

2. Bersihkan Kotoran dan Debu 

Anda bisa melakukan pembersihan debu dan kotoran yang ada pada panel surya. Hal ini dikarenakan debu serta kotoran yang ada bisa menempel pada panel surya serta bisa menghalangi sinar matahari yang akan masuk ke dalam panel surya. Dengan berkurangnya penyerapan energi cahaya matahari, maka hal ini dapat mengurangi tingkat efisiensi kinerja dari panel surya. 

Berikut tips untuk membersihkan kotoran dan debu : 

– Langkah pertama, basahi panel surya dengan air bersih. 

– Selanjutnya langkah yang dilakukan adalah menggunakan lap yang lembut dan bersih untuk membersihkan kotoran dan debu pada panel surya. 

– Langkah ketiga, jangan menggosok panel surya terlalu keras karena dapat merusak lapisan yang ada pada panel surya 

3. Membersihkan Panel Surya Dengan Bantuan Alat Khusus

Saat membersihkan panel surya, gunakanlah alat pembersih khusus. Untuk alat pembersih khusus ini, biasanya ada di toko peralatan rumah tangga atau toko listrik. 

Berikut kami berikan beberapa cara untuk melakukan pembersihan dengan bantuan alat khusus : 

– Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan membasahi panel surya menggunakan air bersih.

– Selanjutnya langkah yang dilakukan adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih yang direkomendasikan untuk penggunaan alat pembersih khusus ini. 

– Setelah itu langkah yang dilakukan yaitu membiarkan cairan pembersih tersebut meresap terlebih dahulu. 

– Langkah selanjutnya adalah dengan memakai alat pembersih khusus dalam membersihkan panel surya.

– Langkah terakhir adalah dengan membilas panel surya menggunakan air bersih.

4. Rutin Mengecek dan Membersihkan Panel Surya 

Untuk menjaga kinerja panel surya agar tetap optimal perlunya dilakukan pengecekan secara berkala serta pembersihan panel surya secara rutin. Pada umumnya untuk pembersihan panel surya sendiri dilakukan setidaknya 2 kali dalam satu tahun. Namun, tentunya hal itu bisa disesuaikan dengan kondisi cuaca serta lokasi peletakkan panel surya. 

Misalnya, jika panel surya yang Anda punya berlokasi di tempat yang mudah terkena debu atau kotoran, tentunya Anda harus membersihkan panel surya lebih sering. Hal itu bertujuan agar kinerja panel surya tidak menurun. 

Nah, itu dia 4 cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan panel surya. Pastikan Anda melakukan pembersihan panel surya secara rutin. Selanjutnya, kami akan memberikan informasi mengenai jasa untuk merawat panel surya. 

Jasa Perawatan Sistem PLTS 

Untuk melakukan perawatan sistem PLTS Anda bisa menggunakan jasa yang ada pada website Sonus.id. Harga jasa yang ditawarkan sangat terjangkau yaitu cuma 200 ribuan saja. 

Selain itu, pada website tersebut juga menjual berbagai macam kebutuhan PLTS. Salah satunya adalah panel surya Lesso yang dijual dengan harga 2 jutaan dengan kapasitas 550 WP. 

Bagi Anda yang ingin melakukan layanan konsultasi terlebih dahulu, Anda bisa berkonsultasi melalui nomor telepon berikut ini 08218000575.

Langganan Email Kami

untuk Berita & Pembaruan Terbaru

    Hak Cipta © 2024 PT Tripower Solar Nusantara - Dikembangkan oleh NoA Method

    Shopping cart

    0
    image/svg+xml

    No products in the cart.

    Continue Shopping